• 1-800-123-789
  • info@webriti.com

9 PERSETERUAN PELATIH SEPAKBOLA TERKENAL SEPANJANG MASA

9 PERSETERUAN PELATIH SEPAKBOLA TERKENAL SEPANJANG MASA

Didalam sebuah kompetisi yang kompetitif, emosi dan permusuhan antar kedua klub sepakbola tidak dapat dihindari. Hal ini pastinya akan dialami oleh para pemain saaat berjibaku diatas lapangan. Ternyata hal ini tidak hanya dialami oleh para pemain, namun para pelatih juga terkadang terlibat perseteruan satu sama lain.

Bagi para fans, perseteruan pelatih adalah hal yang sangat menghibur karena pastinya pemain mereka juga akan berseteru satu sama lain. Perseteruan ini biasanya berkembang melalui aksi di lapangan, dimana salah satu pelatih dapat muak atas tindakan yang dilakukan salah satu pelatih klub lain dan jelas hal itu merupakan taktik untuk mendapatkan popularitas didalam kompetisi.

1. Arsene Wenger VS Jose Mourinho

Perseteruan klasik ini selalu terjadi setiap kali Arsenal dan Chelsea berhadapan diatas lapangan dan 2 pelatih ini tidak pernah bertatapan mata karena keduanya menggunakan filosofi sepakbola yang sangat berbeda. Mourinho selalu mengkritik Arsene Wenger dan melontarkan pernyataan seperti ‘Dia adalah tukang intip dari Inggris.

Dia adalah seseorang yang suka menonton orang lain dan spesialis kegagalan”. Lalu fans Arsenal mengejek Chelsea adalah klub yang membosankan namun Mou membalas, “Hal yang paling membosankan adalah berjuang 10 tahun tanpa mendapatkan gelar”. Perseteruan diantara keduanya selalu menjadi santapan pers. Diawal musim 2015 terlihat jelas mendorong Mourinho dan perseteruan pun semakin memanas sehingga menjadi tontonan para fans.

2. Sir Alex Ferguson VS Kenny Dalglish

Perseteruan antara kedua pelatih asal Skotlandia ini berlangsung selama 30 tahun dan awalnya dimulai ketika keduanya bertemu dalam pertandingan Celtic melawan Rangers. Dilihat dari karir kepelatihan keduanya, pasti mereka merupakan pelatih terhormat di dunia sepakbola namun yang mendasari ini semua adalah persaingan sengit dan keinginan untuk saling berada diatas.

Hal ini mengakibatkan menjadi hiburan bagi para fans, setelah MU meraih score imbang di Anfield, Ferguson mengatakan jika tuan rumah mempengaruhi wasit. Dalglish mengungkapkan kepada pers jika dirinya harus berbicara dengan bayi yang baru lahir, seperti “Anda akan mendapatkan sesuatu yang lebih masuk akal keluar dari dirinya”.

3. Sir Alex Ferguson VS Arsene Wenger

Selama bertahun-tahun, Manchester United dan Arsenal selalu mendominasi sepakbola Inggris dan hal inilah yang memicu persaingan sengit diantara kedua pelatih tersebut. Sir Alex Ferguson langsung mengatakan kepada pers ketika melihat Wenger melatih Arsenal pada tahun 1996 seperti “Mereka mengatakan dia (Wenger) adalah orang cerdas, bukan?

Berbicara dalam 5 bahasa? Saya punya anak umur 15 tahun yang berasal dari Pantai Gading yang bisa berbicara 5 bahasa”. Hubungan dingin tersebut berubah menjadi es ketika Inggris dikejutkan dengan rekor tak terkalahkan Arsenal dan hal ini membuat pelatih dan pemain bentrok di terowongan, sebuah pizza dilemparkan ke arah Cesc Fabregas yang diduga dilempar oleh Fergie. Fergie mengatakan kepada wartawan bahwa Wenger adalah ‘aib’.

4. Jose Mourinho VS Pep Guardiola

Mourinho tampaknya senang membuat perseteruan dengan Guardiola. Beberapa pihak mengklaim jika Mourinho bertanggung jawab atas hengkangnya Guardiola dari Barca. Ketika terjadi perseteruan sengit antara Real Madrid dan Barcelona, Mourinho membuat beberapa komentar di media tentang kebiasaan Guardiola yang kerap mengkritik wasit dan akhirnya Guardiola pun melepaskan amarahnya dalam konferensi pers yang terkenal di tahun 2011.

Guardiola yang saat itu tengah berada di ruang pers Madrid menyatakan, “Di ruangan ini, dia (Mou) adalah manusia b***sat. Disini dia adalah manusia b***sat dan saya tidak bisa bersaing dengan dia”. Madrid kemudian memenangkan La Liga dan Guardiola mengambil cuti setahun dari dunia sepakbola.

Perseteruan tidak berhenti sampai disini dan ketika Guardiola melatih Bayern Munchen pada tahun 2014, ia pun mengatakan kepada pers “Ketika anda menikmati apa yang tengah anda lakukan, anda tidak akan kehilangan rambut anda. Guardiola adalah pria berkepala botak dan itu tandanya dia tidak menikmati sepakbola”.

5. Kevin Keegan VS Sir Alex Ferguson

Perseteruan diantara kedua pelatih ini merupakan favorit para fansnya karena menuai hal yang mengesankan. Dalam sebuah wawancara, Kevin Keegan menjelaskan jika Fergie merupakan pelatih yang tak handal. Ferguson sebelumnya telah menyarankan bahwa tim lain tidak akan berusaha sekeras apapun untuk melawan pimpinan klasemen sementara saat itu, Newcastle (yang terpaut 12 poin dari MU).

Didalam wawancara, Keegan tampak frustasi dan membuat sebuah pernyataan terkenal, “Saya akan senang jika kami berhasil mengalahkan mereka. Saya benar-benar menyukainya”. Ini merupakan kutipan yang paling mengesankan di Liga Premier. Namun pada akhirnya, Manchester United memenangkan gelar Liga Premier dengan selisih 4 poin dari Newcastle.

6. Sir Alex Ferguson VS Rafael Benitez

Sebuah perseteruan sengit lahir ketika Liverpool diasuh Benitez dan menjadi penantang gelar. Kesemua ini dimulai pada tahun 2009, ketika Benitez mengatakan kata-kata kasar yang mengesankan dimana ia membuat ‘fakta’ seputar Fergie bahwa dirinya adalah satu-satunya pelatih yang tidak bisa dihukum. Ferguson saat itu menjawab, “Benitez adalah pria yang suka marah”.

Keduanya sempat berseteru sengit selama bertahun-tahun sebelum Benitez hengkang dari Liga Premier. Keduanya juga pernah kedapatan tidak berjabat tangan di musim itu dan hal tersebut merupakan sebuah tanda buruk yang terjadi diantara kedua pelatih terkenal.

7. Billy Davies VS Nigel Clough

Meski saling meremehkan satu sama lain selama bertahun-tahun, perseteruan antara Billy Davies dan Nigel Clough terlihat sangat nyata dan Clough mengakui, “Kami memiliki perseteruan selama bertahun-tahun”. Perseteruan yang paling menonjol terjadi di Derby Midlands antara Derby dan Nottingham Forest beberapa musim lalu, ketika Derby (dikelola oleh Clough) berhasil menghentikan rekor tak terkalahkan Forest. Sebuah perseteruan jarak dekat terjadi menjelang akhir pertandingan yang melibatkan pemain dan pelatih.

8. Jose Mourinho VS Tito Vilanova

Persaingan Barcelona dan Real Madrid merupakan persaingan yang terbaik didalam dunia olahraga. Jose Mourinho seakan-akan memainkan peran antagonis ketika mengambil alih kursi kepelatihan Bernabeu. Dalam pertandingan Supercup pada tahun 2011, terjadi perkelahian diantara kedua tim tersebut.

Marcelo dengan sengaja mentakel Cecs Fabregas sehingga ia harus menerima kartu merah. Di tengah bentrokan tersebut, Mou mendatangi Vilanova dan mencungkil matanya sehingga menyebabkan asisten pelatih Barca itu balik mendorong Mourinho. Keduanya didenda dan diberi suspensi karena melakukan tindakan tercela. Saat Vilanova tutup usia pada tahun 2014, Mou memberikan penghormatan terakhir kepadanya.

9. Sir Alex Ferguson VS Roberto Mancini

Tampaknya hal ini tidak bisa dihindari jika pelatih kedua klub Manchester akan berbenturan satu sama lain. Ferguson adalah pelatih yang begitu dihormati dan Mancini adalah pelatih yang sangat emosional sehingga keduanya tampak seperti pasangan yang sempurna dalam memberikan perseteruan yang menghibur.

Pada pertandingan akhir musim 2012, keduanya harus dipisahkan karena kedapatan saling meludah di sela-sela pertandingan. Setelah bek menjegal kaki Danny Welbeck, Ferguson segera keluar dari tempat duduknya dan menirukan gerakan Mancini yang kerap berbicara terlalu banyak lalu Mancini pun menghampiri. Keduanya pun dipisahkan.

Michael Ellis

Leave your message